Rabu, 16 Desember 2009

Bedanya Painting dengan Coating

Banyak yang salah mengartikan antara Painting dengan Coating.

Dalam aplikasinya, "Painting" lebih di fokuskan segi arsitektur (dekoratif) sedangkan "Coating" lebih difokuskan pada segi pencegahan terhadap korosi .

Sedangkan dalm hal kandungan kimiawinya, "Painting" lebih dominan unsur kimia organik (sintetik) yang mengering akibat proses polimerisasi, sedangkan "Coating" lebih dominan unsur kimia nonorganik (logam) yang berfungsi sebagai anoda korban (logam yang dikorbankan) sehingga logam induknya tercegah dari karat (korosi).


Dalam bidang material, coating merupakan salah satu teknik perlakuan permukaan (surface treatment). Bila di terjemahkan bebas coating berarti "pelapisan". Dengan coating, permukaan suatu material dilapisi dengan material yang lain, dengan tujuan "memperbaiki" sifat base-materialnya, seperti: meningkatkan ketahanan aus, ketahanan korosi, fatigue life, sebagai thermal barrier dll.

Sedangkan painting merupakan salah satu jenis coating, dimana cat yg dilapiskan pada umumnya bertujuan untuk "memperbaiki" ketahanan korosi base-materialnya. Selain untuk mencegah korosi, cat bisa berfungsi juga untuk aesthetic.
Banyak sekali jenis coating yang lain (biasanya dibedakan berdasarkan cara pelapisannya), seperti: plasma spray coating, HVOF coating, galvanizing, electroplating dll.

Kalau dalam bidang "cat-mengecat" (painting) pengertiannya berbeda lagi yakni painting merupakan pelapisan yang bersifat dekoratif, sedangkan coating merupakan proses pelapisan yang bersifat melindung (protection).

5 komentar:

  1. Macam-macam painting itu apa saja dan alat paintingnya apa saja ?

    BalasHapus
  2. Nice post Ibu Dian.
    Sy setuju dgn pendapat ibu.
    Kebetulan sy jg coating inspector

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak taufiq bisa kirim artikelnya tetntang coating. makasih

      Hapus
  3. Nice post Ibu Dian.
    Sy setuju dgn pendapat ibu.
    Kebetulan sy jg coating inspector

    BalasHapus
  4. Info yang bermanfaat, terima kasih ibu Dian
    kebetulan saya seorang Coating Inspector, apakah ibu Dian juga seorang CI atau CE ?

    BalasHapus